Google

Tuesday, November 27, 2007

BERGURU : bukan soal gagal atau berhasil ...

Pertanyaan:
Pertama saya ucapkan selamat atas penerbitan perdana Tabloid Untung. Dari namanya saya yakin, tabloid ini akan membuat pembacanya yakin, bisnis akan selalu untung. Amin. Saya tertarik dengan bisnis burger yang selama ini sangat marak. Ada dua hal yang ingin saya tanyakan:
1. Bagaimana memulai bisnis burger? buka sendiri atau beli franchise?
2. Banyak teman yang sudah buka bisnis burger dan gagal... saya jadi takut, tapi tetap ingin mencoba. Bgm caranya?
Terima kasih atas penjelasannya.
 
Wandi
Ciputat
 ----------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban 1:
Jika Anda masih benar-benar nol dalam pengalaman bisnis, boleh saja mulai dengan beli franchise dulu. Tujuan Anda dalam membeli franchise adalah belajar tentang sistem bisnis yang dipraktekkan di franchise tersebut sehingga bisa cepat berkembang (misalnya sistem insentif  untuk karyawan, sistem kontrol kerja karyawan, sistem bagi hasil dengan franchise, standar pelayanan ke pelanggan, sistem marketing dan lain-lain). Dengan mempelajari itu kelak jika Anda mau buka bisnis sendiri (burger atau yang lain), Anda sudah punya bekal yang lebih baik.  
 
Oya, dalam memilih perusahaan franchise (franchisor), tentu saja Anda perlu meneliti seberapa baik tingkat keberhasilan franchise tersebut.  Ada baiknya Anda berdialog dengan beberapa orang yang telah membeli franchise burger tersebut (franchisee), agar penilaian lebih akurat. 
 Jawaban 2:
Saya meyakini gagal atau sukses bukan tergantung pada jenis usahanya, melainkan pada kecerdikan kita dalam mengelola bisnis tersebut. Oya, kita perlu hati-hati menggunakan istilah banyak, sering dan kata lainnya yang biasanya membuat otak bawah sadar kita menerima sebagai sesuatu yang benar-benar sangat baik dan membuat kita benar-benar takut. 
 Jangan-jangan yang Anda katakan "banyak teman saya gagal" padahal baru 5 orang. Ah, itu sangat wajar. Pasti ada ratusan atau bahkan ribuan yang  sukses. Lihatlah yang sukses dan katakan dalam hati Anda berulang-ulang, bagaimana caranya agar Anda juga sukses. Jangan pernah bertanya pada diri sendiri apa risikonya jika Anda membuka bisnis burger, melainkan tanyakan apa risikonya jika Anda tidak membuka bisnis burger segera. Anda akan segera menemukan jawabannya. 
 Ya, jika tidak sekarang memulai bisnis, Anda akan ketinggalan dengan yang lain. Semoga sukses.

Jawaban oleh :

Ir Bambang Suharno

Indonesian Entrepreneur Society (IES)
Plasa 3 Pondok Indah Blok A-2, lantai 4.
Jl TB Simatupang, Jakarta 12310
Telp. 021.70228877, 75904486